Selamat Datang Di CAHAYAISLAMI Blog - Blog yang membahas seputar kristologi,Kontradiksi dan Menjawab Tuduhan

SIAPA anak PERJANJIAN yang DIKURBANKAN ABRAHAM

Advertisemen
SIAPA anak PERJANJIAN yang DIKURBANKAN ABRAHAM/IBRAHIM.AS
DAFTAR ISI

SIAPA ANAK TUNGGAL ABRAHAM ? ISHAK atau ISMAEL ?

1-Anak tunggal

Firman-Nya ambilah anak mu yang tunggal itu,yang engakau kasihi.yakni ishaq ,pergilah ketanah moria dan persembahkanlah ia disana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan aku katakan kepada mu (KEJADIAN 22:2)

Analisa : ANAK TUNGGAL 

Artinya : anak tunggal Cuma satu anak

Pertanyaan : APAKAH BENAR ISHAK ADALAH ANAK TUNGGAL   ABRAHAM ?

KEJADIAN 16:16 : Abraham berumur delapan puluh enam tahun ketika hagar melahirkan Ismael baginya

KEJADIAN 21:5 : Adapun Abraham berumur seratus tahun ketika Ishaq Anak-nya lahir bagi-nya

ARTINYA :

1- Abraham usia 86 tahun :Isamel lahir

2- Abraham 100 tahun : Ishak lahir

3- Jadi ismail 14 tahun Ishak baru lahir

Anak Tunggal berarti Ismail bukan ishak

KEJADIAN 22:2 Bertentangan dengan KEJADIAN 16:16

KEJADIAN 16:16 Berrti di ubah oleh tangan manusia

Anak yang di janjikan

Jika Ishak adalah anak yang di janjikan ,kenapa pada KEJADIAN 22:12 Allah tidak tegas mengatakan Anak yang di janjikan ,malah mengatakan anak yang tunggal ? harusnya Allah konsisten dong ?

Yang di maksud keturunan Abraham 

adalah Ishak bukan Ismael padahal dalam bible sendiri Berkali-kali ISMAEL DIKATAKAN ANAK  ABRAHAM

1- Lalu Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi abraham ,dan Abraham menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael (KEJADIAN 16:15)

2- Setelah itu Abraham memanggil Ismael ,Anak nya (KEJ 17:23-27)

3- Dan anak-anak nya Ishak dan Ismael menguburkan dia dalam goa makhpela ,di padang Efron bin zohar,orang Het itu <padang yang letaknya di sebelah timur Mamre ( KEJ 25:9)

Kaitan Anak sulung dengan pengorbanan

Maka haruslah engkau persembahkan bagi tuhan segala YANG LAHIR TERDAHULU dari kandungan ;juga setiap kali ada hewan yang kau punyai berananak pertama kali ,anak jantan yang SULUNG adalah bagi TUHAN ( KELUARAN 13:12)

Janganlah lalai mempersembahkan hasil gandumu dan hasil anggurmu ,YANG SULUNG dari anak-anakmu lelaki haruslah kau persembahkan kepadaku (KELUARAN 22:29)

Keterangan dari kedua ayat diatas kita bisa mengetahui bahwa yang bisa dijadikan kurban selalu ANAK YANG SULUNG ,lalu siapa anak sulung ? Ishak apa Ismael ?

Hak waris Anak sulung 2x Lipat

“Misalkan seorang punya dua istri ,dan keduanya melahirkan anak laki-laki ,tetapi anak yang lahir lebih dahulu bukan anak dari istri kesayangan-nya .kalu orang itu mau menentukan bagaimana ia akan membagi kekayaan kepada anak-anak-nya ,ia tak boleh memihak pada anak dari istri kesayangan-nya  dengan memberi kepada anak itu bagian yang  menjadi hak anak sulung .ia harus membagi bagian DUA KALI LIPAT dari harta bendanya kepada anak laki-laki yang sulung ,walaupun anak itu bukan anak dari istri kesayangannya . Hak ANAK SULUNG HARUS DIAKUI OLEH AYAHNYA ,dan kepada anak itu harus diberi warisan yang menjadi Hak nya menurut hukum (ULANGAN 21:15-17)

KESIMPULANNYA :Ismael adalah anak sulung dan 2x lebih berhak daripada Ishak

SIAPA YANG DIKORBANKAN ABRAHAM ?

Analisa (KEJADIAN 22:19) Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua bujangnya, dan mereka bersama-sama berangkat ke bersyeba

Poin dari ayat di atas : Setelah abraham mengadakan perjanjian dengan raja Abimelekh di Bersyeba,dan Abraham menetap disana,lalu bersama siapa Abraham tinggal di Bersyeba ? 

Bersama Hagar dan anaknya Ismael ? atau berdama Sarah dan anaknya Ishak ?

Keesokan harinya pagi-pagi ,Abraham memberi kepada Hagar makanan dan sebuah kantong kulit berisi air untuk bekal di jalan ,ia meletakan anak itu di punggung Hagar ,dan menyuruh wanita itu pergi lalu berangkatlah Hagar dan mengembara di gurun Bersyeba KEJADIAN 21:14

Ternyata yang berada di Bersyeba adalah Hagar dan anak-nya Ismael ,dan saat berada Bersyeba itulah Abraham mendapatkan perintah untuk mengorbankan anaknya KEJADIAN 22:19

KESIMPULAN : Dari sini bisa diketahui siapa yang akan di korbankan Ismael atau Ishak ? jika Ishak yang akan di korbankan ,seharusnya Abraham akan kembali ke HEBRON tempat dimana Sara tinggal sampai meninggal

Sesudah Sara mencapai usia 127 tahun,ia meninggal di Hebron ditanah Kanaan.Abraham sedih dan meratapi kematian istrinya itu.setelah itu abraham meninggalkan zenajah istrinya dan pergi kepada orang-orang Het, yang mendiami negri itu.ia berkata “ saya ini orang asing yang tinggal di tengah-tengah saudara-saudara;izinkan saya membeli sebidang tanah supaya saya dapat menguburkan istrisaya (KEJADIAN 23:1-4)

Perhatiakan pda ayat tersebut Abraham bilang SAYA ORANG ASING ,artinya Abraham orang baru di daerah itu,dengan kat lain Abraham Abraham tidak tinggal di Hebron tempat Sara dan anaknya Ishak ,akan tetapi tinggal di Barsyeba bersama Hagar dan Ismael ,sehingga semakin jelas YANG DIKORBANKAN BUKAN ISHAK TAPI ISMAEL

JANJI TUHAN TIDAK AKAN INKAR UNTUK ISMAEL SEBAGAI ANAK PERJANJIAN DENGAN ABRAHAM

ANALISA :

PERHATIAKAN DULU AYAT-AYAT BERIKUT INI :

[Kejadian 15:18]  Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: “Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat:

UNTUK SIAPA JANJI TUHAN PADA AYAT DI ATAS ITU ?

Jawabannya tertulis di bawah ini:

[Kejadian 17:18] Dan Abraham berkata kepada Allah: “Ah, sekiranya Ismael diperkenankan hidup di hadapan-Mu!”Tetapi Allah berfirman: “Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.[Kejadian 17:19]

TERNYATA MENURUT AYAT DI ATAS PERJANJIAN ITU UNTUK ANAK ABRAHAM YANG BERNAMA ISHAK ,YANG KELAK AKAN MENJADI NENEK MOYANG BANGSA ISRAEL

DAN DIULANG LAGI PADA AYAT BERIKUT :

Tetapi perjanjian-Ku akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga.” [Kejadian 17:21]

TAPI APAKAH KEMUDIAN BIBLE MEMBUKTIKAN BAHWA JANJI ITU BENAR-BENAR DI PENUHI TUHAN ?

  Begini faktanya; 

    Cermatilah baik-baik peta di bawah ini. Garis berwarna merah adalah alur sungai Eufrat yang disebut-sebut dalam perjanjian antara Tuhan dengan keluarga Abraham, sedangkan dalam lingkaran adalah nama negara-negara yang menguasai daerah seputar sungai Eufrat.


Jika kita benar-benar memperhatikan peta geografis yang dimaksud dalam perjanjian di atas, maka dapat terlihat BAHWA SEJAK DULU KALA SAMPAI HARI INI TIDAK ADA SATUPUN NEGERI DARI KETURUNAN ISHAK (ISRAEL) YANG MENGUASAI WILAYAH DARI MESIR HINGGA SUNGAI EFRAT 

    Bahkan di masa puncak kejayaan bangsa Israel yang mampu membangun kerajaan terbesarnya di bawah pemerintahan Daud hingga Solomon sekalipun, 

ternyata wilayah yang dikuasainya hanya sebatas pojok sebelah utara mesir, dan luasnya pun tidak lebih besar dari luas pulau Jawa!

JADI FAKTA EMFIRIS YANG ADA, bahwa sejak dahulu kala hingga hari ini seluruh wilayah dari Mesir hingga Sungai Efrat tersebut nyatanya dipenuhi oleh bangsa-bangsa Arab keturunan Ismael!

PERCAYAKAH BAHWA TUHAN INKAR JANJI ? JIKA TIDAK BERTI ADA YANG TIDAK BERES (DALAM KATA LAIN ADA PENGKABURAN KEBENARAN OLEH MANUSIA UNTUK MENUTUPI FAKTA TENTANG ISMAEL)

    tukang edit kitab alkibul telah dengan sengaja menukar nama Ismael menjadi Ishak dalam kisah perjanjian antara Allah dengan keluarga Abraham!

     Sedangkan fakta yang ada tidak bisa dipungkiri bahwa sesungguhnya Allah telah memenuhi janji-Nya kepada Abraham dengan BUKTI NYATA bahwa seluruh wilayah seputar sungai Eufrat, SEJAK DULU HINGGA KINI, hanya dipenuhi oleh keturunan Ismael, anak perjanjian yang sebenarnya!

INGAT!

Perjanjian itu bersifat KEKAL alias ABADI dan TIDAK PERNAH BEROBAH!

CERITA KELAHIRAN ISMAEL

 Dimulai dari :

1-Abraham memperistri HagarJadi Sarai ,istri Abram itu ,mengambila Hagar ,hambanya orang Mesir itu -yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan ,-lalu memberikannya kepada Abram ,suaminya,untuk mennjadi ISTRINYA  (Kejadian 16:3)

2-Lalu isi Pasal  17 menerangkan :

   -1-Abram.namanya menjadi Abraham ( karena akan.menjadi bapak sejumlah besar bangsa). Ingat sejumlah besar bangsa, bukan.hanya bangsa Israel.

   - 2-Sarai  namanya  menjadi Sara ( karena.akan.menjadi ibu bagi bangsa - bangsa). 

    -3- Perjanjian sunat , dan janji  kelahiran Ishak, diberikannya tanah Kanaan utk keturunan Abraham

    -4-Ismael diberkati. KEJADIAN 17:20 

3-Pasal 18 menerangkan :Kunjungan malaikat, dan Abraham melakukan negosiasi dengan Tuhan perihal.Sodom.dan.Gomora.

4-Pasal 19 menerangkan :Sodom.dan Gomora dihancurkan, Lot selamat.

5-Pasal 20 menerangkan :Abraham kembali ke tanah, Negeb .Bertemu dengan Abimelekh.Lalu Abraham berangkat dari situ ke Tanah Negeb dan ia menetap antara Kadesh dan Syur. Ia tinggal di Gerar sebagai orang asing. (Kej. 20:1)

6-Pasal 21 menerangkan : ISHAK LAHIR DI TANAH NEGEB dan HAGAR DI USIR SARA ,Ishak lahir ketika Abraham berada di tanah Negeb Bertemu dengan Abimelekh.Lalu Abraham berangkat dari situ ke Tanah Negeb dan ia menetap antara Kadesh dan Syur. Ia tinggal di Gerar sebagai orang asing. Kej. 21:2).Ishak lahir lalu Hagar di usir Sara, Hagar dan Ismael mengembara di Bersyeba  , kemudian menerap di  gurun Paran.Abraham.di Birsheba, mengadakan perjanjian dengan Abimelekh. .Abraham menanam pohon tamariska di Bersyeba

7-Pasal 22 menerangkan :Abraham pergi ke tanah Moria , peristiwa pengorbanan, Abraham pergi dan tinggal di Bersyeba .

8-Pasal 23.Sara meninggal di Hebron

9-Pasal 24 menerangkan :Pertemuan Ishak dan Ribka

10-Pasal 25. ABRAHAM MENIKAHI KETURAAbraham menikah dengan Ketura.Abraham meninggal dan dimakamkan di gua Makhpela di Hebron .Dan anak-anaknya, Ishak dan Ismael, menguburkan dia dalam gua Makhpela, di padang Efron bin Zohar, orang Het itu, padang yang letaknya di sebelah timur Mamre, ( Kejadian 25:9).Abraham membawa banyak ternak , hamba-Hamban nya , dan juga pengikut nya ( mereka yg mengikuti kepercayaan tauhid). Karena kalau tetap tinggal di Ur Kasdim, membahayakan nyawa mereka

RIWAYAT PERJALANAN ABRAHAM

   Berikut adalah riwayat perjalanan Abraham berdasarkan Alkitab beserta peristiwa-peristiwa yg terjadi dalam perjalanannya tersebut.

1) Abraham berangkat dari Ur-Kasdim (Kej. 11:31).

2) Abraham tiba di Haran (Kej. 11:31). Di Haran ini, Terah, ayah Abraham meninggal.

3) Abraham tiba di Sikhem (Kej. 12:6).

4) Abraham tiba di pegunungan sebelah timur Betel (Kej. 12:8).

5) Abraham tiba di tanah Negeb (kej. 12:9). Abraham lalu pergi ke Mesir ketika ada kelaparan di negeri ini.

6) Abraham tiba di Mesir (Kej. 12:10).

7) Abraham kembali ke tanah Negeb (Kej. 13:1).

8) Abraham menuju ke Betel (Kej. 13:3). Di Betel ini Abraham pernah membuat mezbah (Kej 13:4). Nama "Betel" berasal dari kata "Beth" ( = rumah) dan "El" ( = Elohim). Nama "Betel" ditransformasi oleh bangsa Arab ke dalam bahasanya menjadi "Baitullah".

9) Abraham pindah ke Mamre dekat Hebron (Kej. 13:18).

10) Ismael lahir ketika Abraham berada di Kanaan (Kej. 16:3).

11) Abraham kembali ke tanah Negeb (Kej. 20:1).

12) Ishak lahir ketika Abraham berada di tanah Negeb (Kej. 21:2).

13) Hagar dan Ismael mengembara di gurun Bersyeba (Kej. 21:14).

14) Hagar dan Ismael menetap di gurun Paran (Kej. 21:21).

15) Abraham menanam pohon tamariska di Bersyeba (Kej. 21:33).

16) Abraham pergi ke tanah Moria (Kej. 22:2).

17) Abraham pergi dan tinggal di Bersyeba (Kej 22:19). Sara nampaknya tetap tinggal di Hebron.

18) Sara meninggal di Hebron (Kej. 23:2).

19) Abraham meninggal dan dimakamkan di gua Makhpela di Hebron (Kej. 25:9)

KETURUNAN ISMAEL

Untuk lebih terarah kita mulai dengan Kisah fathul mekkah ( pembebasan kota mekkah oleh rosulullah s.a.w

Fathul Makkah terjadi karena kafir Quraisy mengkhianati Perjanjian Hudaybiyah.

 Sekitar 10 ribu pasukan bergerak dari Madinah menuju Makkah. Pasukan yang dipimpin Baginda Nabi Muhammad shalallahu alahi wassalam itu datang untuk membebaskan Kota Makkah.

Peristiwa yang dikenal sebagai pembebasan Makkah atau Fathu Makkah itu terjadi pada 10 Ramadhan 8 Hijriyah (630 M). Saat itu Umat Islam mengambil alih Makkah dari kafir Quraisy tanpa ada perlawanan dan perang. Tak ada pertumpahan darah dalam peristiwa itu. Ka’bah dan sekitarnya di Masjidil Haram disucikan dari berhala sembahan kafir Quraisy.

Pembebasan Makkah terjadi lantaran pengkhianatan kafir Quraisy di Makkah dengan umat Islam di Madinah. Pada tahun 628 M, Quraisy dan Muslim dari Madinah menandatangani Perjanjian Hudaybiyah. Di antara poin Perjanjian Hudaybiyah adalah siapa yang ingin bergabung menjadi sekutu kaum Muslimin, maka ia bisa bergabung. Begitu juga jika ada yang ingin bergabung dengan Quraisy, maka dipersilakan menjadi sekutu mereka. Kemudian Bani Khuza'ah di Makkah menjadi sekutu Rasulullah, sedangkan musuh mereka, bani Bakr bergabung dengan kafir Quraisy.

Sejak dulu, perang dan sengketa selalu terjadi antara dua kabilah ini. Perjanjian damai ini dimanfaatkan bani Bakr untuk membalas dendam terhadap orang-orang Khuza’ah. Namun setelah 10 tahun gencatan senjata, Quraisy membantu sekutunya, Bani Bakr, menyerang Bani Khuza’ah. Mereka melakukan penyerangan mendadak di malam hari dan membunuh orang-orang Khuza’ah.

Kabar pengkhianatan Quraisy tersebut sampai kepada Rasulullah di Madinah. Mereka mengirim Abu Sufyan ke Madinah untuk memperbarui perjanjian mereka dengan kaum Muslimin. Namun Rasulullah menolak, dan memerintahkan kaum muslimin untuk menyiapkan pasukan menuju Makkah.

Rasulullah membawa pasukan Muslim sebanyak 10 ribu orang dan bermaksud untuk menaklukkan Kota Makkah dan menyatukan para penduduk kota Makkah dan Madinah. Penguasa Makkah yang tidak memiliki pertahanan yang memadai kemudian setuju untuk menyerahkan kota Makkah tanpa perlawanan.

Kemudian Rasulullah dan para sahabatnya masuk ke dalam Masjid al-Haram. Beliau pun mencium Hajar Aswad. Saat itu kondisi Ka’bah begitu mengenaskan, dengan sekitar 360 berhala di sekelilingnya.

Rasulullah SAW menghancurkan berhala- berhala tersebut dan membaca firman Allah SWT:

"Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.” (Qs. Al-Isra’: 81)

“Kebenaran telah datang dan yang batil itu tidak akan memulai dan tidak (pula) akan mengulangi.” (Qs. Saba’: 49).

Setelah berhala-berhala tersebut hancur lebur, Rasulullah melaksanakan tawaf. Kemudian Rasulullah meminta Utsman bin Thalhah agar membuka Ka’bah, lalu beliau memasukinya.

Wahai orang Quraisy, sesungguhnya Allah telah menghilangkan kesombongan jahiliyah dan pengagungan terhadap nenek moyang. Manusia dari Adam dan Adam dari tanah,"“Wahai orang Quraisy, apa yang kalian bayangkan tentang apa yang akan aku lakukan terhadap kalian?”Mereka pun menjawab, “Saudara yang mulia, anak dari saudara yang mulia.”Beliau bersabda, "Aku sampaikan kepada sebagaimana perkataan Yusuf kepada saudaranya:'Pada hari ini tidak ada cercaan atas kalian. Allah mengampuni kalian. Dia Maha penyayang.' Pergilah kalian! Sesungguhnya kalian telah bebas!" (as-Sirah an-Nabawiyah oleh Ibnu Hisyam, 5/74).

Peristiwa besar dalam sejarah Islam ini telah dinubuatkan dalam Alkitab.

Dari sinilah kita akan mencoba mencari dimana sebetulnya Paran, yang disebutkan dalam Kirab Tanakh.

MENEMUKAN PARAN BERDASARKAN NUBUAT.

Berdasarkan Yudas 1:14-15 dan Ulangan 33:2Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: "Sesungguhnya Tuhan datang dengan *beribu-ribu* orang kudus-Nya, 

Perhatikan Terjemahan KJV.

It was also about these that Enoch, the seventh from Adam, prophesied, saying, "Behold, the Lord came with *ten thousands* of his holy ones, 

hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan ( Yudas 1:14-15).

Berkatalah ia: "TUHAN datang dari Sinai dan terbit kepada mereka dari Seir; Ia tampak bersinar dari pegunungan Paran dan datang dari tengah-tengah puluhan ribu orang yang kudus; di sebelah kanan-Nya tampak kepada mereka api yang menyala.  ( Ulangan 33:2).

He said, "The LORD came from Sinai and dawned from Seir upon us; he shone forth from Mount Paran; he came from the ten thousands of holy ones, with flaming fire at his right hand. ( Deutoronomy 33:2).

Catatan:

Dalam Bible  KJV , רִבְבֹ֣ת diterjemahkan Sepuluh Ribu.

Kidung Agung 5.Ayat 10 dan 11.--Putih bersih dan merah cerah kekasihku, menyolok mata di antara selaksa orang. ( 10).

KJV.

My beloved is radiant and ruddy, distinguished among *ten thousand*. 

Catatan:

LAI menerjemahkan 10 ribu dg selaksa.

Bagaikan emas, emas murni, kepalanya, rambutnya mengombak, hitam seperti gagak.(11). 

Ayat 11 mengatakan, “Bagaikan emas, emas murni, kepalanya, rambutnya mengombak, hitam seperti gagak”.

 Ayat 10 menggambarkan sosok orang tersebut, “Putih bersih dan merah cerah” yang artinya dia memiliki warna kulit yang hampir terang dengan agak kemerahan. Ciri ini mirip spt tsb dlm  Hadits Shahih Bukhari Volume 4 Bab 56, no 747 yang mengatakan bahwa Muhamad kulitnya sedikit putih dengan semu merah (dan memiliki rambut sebagaimana disebutkan dalam ayat 11). 

Ayat 14.Tangannya bundaran emas, berhiaskan permata Tarsis, tubuhnya ukiran dari gading, bertabur batu nilam. ,(14).

(ayat 14 mendeskripsikan bahwa orang tersebut memiliki perut seperti gading, i dengan pengertian bahwa tubuhnya selalu ditutupi dengan pakaian sehingga terlindung dari matahari sehingga selalu nampak putih , seperti gading. Ciri-ciri ini juga dapat dilekatkan pada Muhamad yang meskipun kemerahan, kulitnya berwarna emas (Sahih Bukhari, Volume 2, Bab 17, No 141)

Ayat 15.Kakinya adalah tiang-tiang marmar putih, bertumpu pada alas emas murni. Perawakannya seperti *gunung Libanon*, terpilih seperti pohon-pohon aras. (15).

KJV.

His legs are alabaster columns, set on bases of gold. His appearance is like Lebanon, choice as the cedars. 

Perawakannya seperti orang  Libanon...”, (seperti orang Arab), seorang laki-laki semitik .

Terjemahan LAI  menjadi spt GUNUNG LIBANON ???  Mengaburkan ciri seseorang?

Ayat 16.Kata-katanya manis semata-mata, segala sesuatu padanya menarik. Demikianlah kekasihku, demikianlah temanku, hai puteri-puteri Yerusalem. (16).

Altetnatif penerjemahan.

Kata-katanya manis, dialah Muhammad dg segala keagugannya . Demikianlah kekasihku, demikianlah temanku, hai puteri-puteri Yerusalem. (16).

KESIMPULAN  :

NUBUAT MERUJUK PADA SOSOK YANG SAMA YAITU ROSULULLAH YANG MEMANG LAHIR DI MAKKAH DAN AKAN DATANG NTA FIRMAN TUHAN DI PEGUNUNGAN PARAN , BERARTI SOSOK TERSEBUT ADA HUBUNGAN NYA DENGAN PARAN


KETURUNAN ISMAIL MENEMPATI  WILAYAH HIJAZ

Pada hari itulah TUHAN mengadakan perjanjian dengan Abram serta berfirman: "Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai Efrat: ( Kejadian 15:18).

(17:7 Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

Fakta  menunjukkan bahwa keturunan Ismael sejak Abraham hingga kini mendiami wilayah diantara sungai .Nil sampai  ke Sungai Efrat.

Seperti disebutkan di Kejadian 25:18.

Mereka itu mendiami daerah dari Hawila sampai Syur, yang letaknya di sebelah timur Mesir ke arah Asyur. Mereka menetap berhadapan dengan semua saudara mereka. 

Havila, menurut Kitab Tanakh terletak di  sebelah Barat Daya Arabia, sedangkan Ashur terletak di wilayah  perbatasan  timur laut Mesir, dan Ashur merupakan ibu kota kerajaan kuno Assyiria ( saat ini namanya Irak). 

Jadi keturunan nabi Ismail mendiami sepanjang wilayah selatan Hijaz ( Arab) dan wilayah utara , termasuk wilayah Paran ( Mekah).

Jadi  siapakah  bangsa yg mendiami sekitar  sungai Nil sampai ke sungai Efrat.? Yang juga .memiliki  bahasa yg serumpun dengan Ibrani dan berkhitan,? sesuai janji Tuhan bahwa senua keturunan Abraham.harus berkhitan. Karena tidak.ada bangsa lain yg memiliki tradisi khitan, kecuali Yahudi dan.muslim.

Jadi dalam Nubuat 1:1:8 dan 25:18 menunjukkan.bukti bahwa bangsa Arablah yang memenuhi nubuat tsb, yaitu mendiami.wilayah Hijaz ( Jazirah Arab), , dimana Paran / Mekah ( termasuk di dalamnya),  didiami oleh Ismail dan keturunannya. 

Ishmael adalah זרע (benih) Abraham.. TUHAN berjanji kepada Abraham bahwa: "Mulai dari sungai Mesir sampai sungai besar, yakni sungai Efrat, tanah orang Keni dan tanah orang Kadmon ..."  statusnya menjadi milik pusaka  dari זרע (benih) Abraham (Sefer Bereshit  15:18-21). Ishmael statusnya adalah זרע  ("benih") Abraham dan sekaligus statusnya sebagai  "ahli waris" Abraham. Bahkan wilayah Syur telah ditelusuri oleh Hagar, dan wilayah Syur hingga wilayah Asyur telah menjadi milik pusaka Ishmael dan telah  didiami oleh keturunan Ishmael (Sefer Bereshit 25:13-18), termaduk. tanah orang Keni dan tanah orang Kadmon . 

Kesimpulannya adalah wilayah jazirah Arabia, termasuk di dalamnya Paran dihuni.oleh bangsa Arab, dan Rasulullah  adalah bagian dari bangsa Arab

BERDASARKAN KITAB SUCI YAHUDI TENTANG KABAH DAN SUMUR ZAM ZAM  

1. ISHAK menyebut Mekah dengan NEGERI KIBLAT.

Kabah  adalah Kiblat bagi muslim. Tempat suci ini berhubungan dg Haji,  Mekah, Hijaz, dan sumur Zamzam. 

Menurut Targum Saadia, dalam Kejadian  24:62 

וכאן אסחק קד גא פי מגיה מן אלביר אלתי ללחי אלנטאר והו מקים פי בלד אלקבלה. 

Wa kana Ishaq qad ja'a fi maji'ihi min al-bi'r allati lil-Hay Al-Nadhir wa huwa muqim fi balad Al-Qiblah.

              Adapun Ishak telah datang dari arah sumur Lahai-Roi; ia tinggal di negeri Kiblat. 

2. Be'er Lahai Ro dalam Kejadian 16:14 adalah SUMUR ZAM ZAM.

Tafsir Ibn Ezra dalam Kitab  Kejadian 16:14

באר לחי לאשר יהיה חי לשנה האחרת. כי בכל שנה היו חוגגים הישמעאלים אל הבאר הזות גם היום יקרא באר זמזם

Be'er Lachai la'asher yihyeh chay lash-shanah ha-acheret. Ki be chol shanah hayu Hoggim ha-Yishmaelim el ha-Be'er hazzot gam hayyom yiqqare Be'er Zamzam.

           "Be'er Lachai artinya sumur dia, yang akan tinggal  di sana tahun depan. Dinamakan seperti itu, krn Ismail mengadakan Haji di sekitar  sumur tsb. Sumur tersebut sampai sekarang masih ada dan disebut sumur Zam zam. 

Demikian juga Tafsir Rabbi Bachye Ben Asher dalam Kejadian 16:14.

באר לחי ראי  והטעם כי בכל שנה היו הישמעאלים חוגגים אל הבאר הזה, גם היום יקרא באר זמזם 

Be'er Lahai Roi, ve haththo'im ki be chol shanah hayu hay-Yishmaelim Hoggim el ha-be'er hazzeh, gam hayyom yiqqare be'er Zamzam."

(Disebut Be'er Lahai Roi, sebab  kaum  Ishmael mengadakan ziarah tahunan (Haji) di sekitar sumur tsb, dan namanya adalah sumur Zamzam.).

Rabbi Avraham Ibn Ezra zl't  dan Rabbi Bachye Ben Asher zl't jg  menjelaskan bahwa   be'er Lahai Roi, adalah nama lain dari Zamzam. 

3. Mekah adalah kota suci

Pendapat Rabbi-Rabbi Yahudi tentang Mekah.

Rabbi Saadia Gaon dalam Tafsir Kitab Kejadian 10:30 juga menyebut   Mesha , מכה (Makkah), sebagai Kota Suci, dan   Sephar adalah Medinah  sbg kota Suci bagi  Ishmaelites utk mengadakan  Haji. 

Demikian jg pendapat Rabbi David Khimci (Radak) jg mengatakan bahwa Mekah adalah Kota tempat kaum Muslim mengadakan Haji.

Ini.sesuai dg nubuat .

Yesaya, 42 : 10-12

“Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan dan pujilah Dia dari ujung bumi baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya. Baiklah padang gurun menyaringkan suara dengan kota-kotanya dan dengan desa-desa yang didiami Kedar.”

Nyanyian baru bagi Tuhan: Takbir, Tasbih, Tahmid, dll.

Menyaringkan suara: umat Islam di berbagai negara, desa, kota , dan pulau, semuanya menyaringkan/mengumandangkan Azan sebagai tanda waktu sholat. 

Desa-desa yang didiami Kedar: nubuat ini hanya untuk orang Islam, karena Bani Kedar (keturunan Ismael) yang sekarang menjadi negara Arab Saud hampir i100% penduduknya beragama Islam

Apa hubungan pernyataan tsb dengan Paran?

Di situ kan.menyebutkan.Ismail , yang setiap tahun mengadakan Haji, dimana ada sumur Zam.Zam.dan Kota Mekah. Kitab Tanakh menyebutkan Ismail tinggal di Padang Gurun Paran. Dengan demikian Paran adalah Mekah, yg ada di wilayah Arabia.

Keturunan Ismail juga tinggal di Saudia Arabia. Salah satunya adalah Tema. Keturunannya tinggal di Tema , sebuah kota di Saudi Arabia.

Kesimpulan , semua keturunan.Ismail semua.tinggal di Arabia, tidak.menunjuk tempat lain, jadi Paran adalah tempat yg ada di Saudi Arabia

Kota Tema.ada dii sebelah atas Madina 👆

Oh ya ..Tema.ada di.Kejadian.25: 15, salah satu keturunan.Ismail

BUKTI TENTANG KA’BAH

            Dari mana bisa tau rumah keagungan-KU = Kaabah?

dari sini:

Dalam kitab Kejadian 21:14-21 yang berbicara ketika mata air zam-zam diciptakan oleh Tuhan, ketika Hagar ditinggalkan di padang pasir oleh Abraham. 

Dikatakan,

15 "Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak,

16 dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya: "Tidak tahan aku melihat anak itu mati." Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring.

17 Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya: "Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring. 

18 Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar."

Di manakah mata air itu berada?

Dan di manakah bangsa yang besar itu?

                Bangsa itu adalah bangsa yang menjadi pengikut Nabi terakhir Tuhan yang merupakan keturunan Nabi Ismail, yaitu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, yang diutus ke Paran, yang sekarang dikenal sebagai Mekkah.

Kejadian 21:21

21 Maka tinggallah ia di padang gurun Paran, dan ibunya mengambil seorang isteri baginya dari tanah Mesir.  abis itu ini:

Mazmur 84:4-6

4 (84-5) Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau. Sela 

5 (84-6) Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah! 

6 (84-7) Apabila melintasi *lembah Baka*, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat. 

Dari ayat itu kita bisa merumuskan sebagai berikut:

- Tempat itu disebut Rumah-Mu (Rumah Tuhan)

- Nama tempat itu adalah Baka, sebuah lembah bukan gunung

- Di tempat itu Tuhan dipuji-puji, dan itu adalah tempat untuk berziarah.

        - Tempat itu adalah sebuah lembah, dan kering, yang di tenpat itu ada mata air.

Semua penggambaran itu cocok dengan Mekkah.

Mekkah juga disebut Rumah Tuhan, Tuhan dipuji-puji, dan orang-orang ke tempat itu untuk berziarah.

Mekkah adalah lembah yang kering, dan mempunyai mata air zam-zam.

Allah berfirman dalam Quran:

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِى بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعٰلَمِينَ

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di *Bakkah (Mekah)* yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. [Surah Aal-i-Imraan (آل عمران)[3] ayat 96]

  Seperti yang kita lihat di ayat itu, nama lain untuk Mekkah, tanah suci bagi Muslim ialah Bakkah.

               Yesus di Bible memberitahu kita bahwa satu hari nanti, orang-orang akan memuji Tuhan di tempat lain selain Yerusalem. 

Dalam kitab Yohanes kita bisa baca:

Yohanes 4:19-21

19 Kata perempuan itu kepada-Nya: "Tuhan, nyata sekarang padaku, bahwa Engkau seorang nabi.

20 Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah." 

21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa *kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini* dan *bukan juga di Yerusalem.*

Link dictionary Bible tentang kedar

https://u.pcloud.link/publink/show?code=XZSCe3kZy4qqEmrTPhJVjyqb4HH3PXXymQXX

Demikian ulasan singkat tentang Menyibak tabir Anak perjanjian ABRAHAM



Mohon maaf jika ada kekurangan 

Penulis : Rafif ramadhan

Channel cahaya islami


Advertisemen
Ikuti saya

WEJANGAN:"Qulil Haq Walau kaan Murron" Artinya Sampaikanlah walaupun itu pahit ,Semoga Blog ini memberikan banyak Faidah untuk mempererat Ukhuwah islamiyah menguatkan Akidah, Jika ada masukan bisa hubungi Admindisini.
Related Posts
Daftar isi blog | About | Contact | Privacy | Disclaimer

Copyright © 2021 cahayaislami.my.id. All Rights Reserved. Powered by Blogger.